Friday, March 20, 2015

Gagap dan cara menyembuhkannya

APA ITU GAGAP?

Gagap adalah suatu gangguan bicara di mana aliran bicara terganggu tanpa disadari dan akhirnya terjadi pengulangan dan pemanjangan suara, suku kata, kata, atau frasa; serta jeda atau hambatan tak disadari yang mengakibatkan gagalnya produksi suara. Umumnya, gagap bukan disebabkan oleh proses fisik produksi suara (gangguan suara) atau proses penerjemahan pikiran menjadi kata atau disleksia. Gagap juga tak berhubungan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Diluar kegagapannya, orang yang gagap umumnya normal.
Sederhana sekali pengertian gagap yang saya dapatkan dari Wikipedia. Memang saya tidak mencantumkan beberapa pengertian lagi karena selama saya membaca pengertian tentang gagap yang saya rasakan saya semakin minder dan kesal. Jadi lupakan pengertian tentang gagap tersebut. Yang jelas gagap bukan suatu cacat bicara, melainkan sebuah gangguan saja. Jadi anda tidak perlu merisaukan gagap karena bisa disembuhkan. Ingat, bisa disembuhkan.
Cara mengatasinya sangat mudah asal anda bisa tenang dan percaya diri dalam berbicara. Syarat simpel tersebut terasa mudah ketika anda membisakan diri untuk tenang dan percaya diri karena tidak ada cara lain selain membiasakan untuk tetap percaya diri sehingga anda senantiasa menjadi pemenang disetiap detik kehidupan anda. Nanti akan saya bahas cara agar kita tenang dan percaya diri dalam berbicara, karena gagap dalam berbicara tidak serta merta menyerang orang yang memiliki gagap tapi orang yang bicara normal pun juga bisa menderita gagap ketika dia tidak tenang. Apalagi berbicara dengan banyak orang pasti akan semakin menjadi-jadi gagapnya.


APA ITU NERVOUS?

Nervous dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai kondisi gelisah. Menurut saya pribadi nervous merupakan kumpulan dari beberapa respon emosi seperti takut, gelisah, binggung dan lain-lain yang dapat mengakibatkan respon psikis yang pada akhirnya menyebabkan respon fisiologis/fisik yang salah satunya adalah Gagap. Gelisah atau nervous bisa terjadi karena beberapa faktor baik dari dalam maupun dari luar. Penyebab dari dalam adalah pikiran sedangkan penyebab dari luar adalah kondisi dan situasi yang tidak mendukung menurut sudut pandang kita.
Rasa takut muncul apabila anda tidak pernah melatih pikiran anda dan tidak membiasakan diri dengan situasi dan kondisi yang menurut anda menakutkan. Misalnya saja perasaan takut akan seketika datang saat melihat keramaian, atau juga perasaan takut saat bertatapan dengan orang lain. Jadi hadapilah ketakutan anda sekarang juga.

DAMPAK NEGATIF DARI GAGAP

            Secara umum anda akan menjadi minder dan susah untuk bergaul, seperti yang pernah saya alami dulu. Apabila anda tidak bisa mengontrol rasa takut yang menyebabkan gagap anda muncul, orang akan menilai anda secara negatif sehingga rasa hormat kepada anda menjadi berkurang, karena rasa hormat seseorang seringkali didasarkan pada kercerdasan emosi yang dimilikinya terutama melalui kemampuannya dalam berbicara dengan bahasa tubuh yang baik dan benar. Dampak negatif dari gagap dan nervous dapat menyebabkan interaksi sosial orang tersebut terganggu dan orang tersebut cenderung rendah diri dan tidak terbuka terhadap orang lain sehingga peluang yang seharusnya dia dapatkan menjadi terbuang percuma.
            Dampak terburuk gagap yang bisa didapatkan adalah pada masa remaja karena merupakan masa untuk menunjukkan aktualisasi diri atau keinginan untuk menunjukkan diri sendiri (atau masa yang berapi-api, menurut Rhoma Irama).  Banyak remaja yang salah pergaulan dikarenakan dia tidak mendapatkan penghargaan dari teman-temannya sehingga dia terjerumus pada kenakalan remaja hanya untuk mencari penghargaan semu yang dapat merusak masa depannya.

CARA MENYEMBUHKAN GAGAP

            Tidak ada cara lain untuk menyembuhkan atau menghilangkan gagap dan nervous selain menanamkan sikap positif didalam diri seperti berani, percaya diri dan body laguange yang benar. Anda harus melatih diri anda untuk senantiasa bermental positif sehingga anda menjadi tenang dan dapat berbicara dengan lancar.

Kholid Rosyidi MN
Penulis dan Motivator

.

No comments:

Post a Comment